Rabu, 10 Juni 2009

Masjid Nabawi - Madinah

MASJID NABAWI

Masjid Nabawi adalah masjid ke dua yang disucikan oleh ummat Islam setelah Masjidil Haram dan terletak di pusat kota Madinah. Dari masjid ini Rasulullah mengajarkan agama islam kepada para sahabatnya, dari masjid ini dipancarkan cahaya islam keseluruh dunia. Disebut dengan Masjid Nabawi yang artinya Masjid nabi, karena rasulullah selalu menyebut masjid ini dengan masjid-Ku. Beliau bersabda : Shalat di masjidku ini lebih utama dari pada shalat seribu kali di masjid lain, kecuali Masjidil Haram.

Masjid ini mula-mula dibangun oleh nabi beserta sahabat-sahabatnya pada tahun pertama hijriyah (622M) seluas 1050 M2 ( panjang 35M dan lebar 30M ) yang bersebelahan dengan rumah beliau yang terletak disebelah timurnya. masjid ini kala itu sangat sederhana sekali, tiang tiangnya dari batang korma, atap dari pelepah pohon korma, dindingnya terbuat dari batu tanah setinggi 2 meter. Terdapat tiga buah pintu yaitu disebelah kanan, kiri dan belakang ( sebelah selatan) dan mihrabnya sebelah utara, karena kiblat masih menghadap ke Baitul Maqdis.

Masjid Nabawi ini mengalami perubahan berkali-kali, pertama kali perluasan oleh Rasulullah sendiri di tahun ketujuhhijrah, setelah Rasulullah memimpin perang Khaibar, sehingga luasnya menjadi 2,475M2.. Demikian seterusnya Masjid nabawi mengalami perluasan demi perluasan. masjid nabawi sekarang mempunyiai luas 165.000M2, dengan luas halaman 235.000M2 , 10 buah menara dengan ketinggian 104 meter (menara yang baru) dan berdaya tampung 1 juta orang jamaah dimusim haji. Mihrab masjid Nabawi yang sekarang digunakan sebagai tempat imam waktu memimpin shalat berjamaah, disebut Mihrab utsmani, karena lokasi mihrab ini adalah tempat imam setelah masjid nabawi diperluas oleh Khalifah usmant bi Affan pada tahun 29 H ( 649M).

Selain Raudah dan makam Rasulullah, di masjid Nabawi beberapa tempat yang penting untuk diketahui :

  • Tempat Juru Adzan, berupa panggung tempat muadzin mengumandangkan seruan untuk sholat lima kali dalam sehari.
  • Masing-masing pintu mempunyai nama, diantaanya Bab As-Salam yang terletak barat bagian shaf pertama, bab Jibril disebelah timur disebelah utara makam Rasulullah.
  • Mihrab Sulaiman, adalah mihrab hadiah Sultan Sulaiman bin Salim dari Turki pada tahun 938 H, terletak ditengah disebelah barat mihrab Rasulullah.
  • Terdapat 6.800 unit tempat wudhu dan 25.000 WC yang letaknya di basement halaman masjid.
  • Untuk mengkondisikan ruangan, terdapat enam unit AC sentral dengan kapasitas 3.400 ton per jam, diatas lahan seluas 70.000M2, yang terletak 7 KM disebelah barat Masjid Nabawi.

RAUDAH

Raudah yang mempunyai arti taman, adalah suatu lokasi yang berukuran 15 X 22 meter yang ada dalam Masjid Nabawi yang ditandai dengan tiang-tiang putih mulai makam Rasulullah hingga mimbar Nabi. Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, katanya : " Rasulullah SAW bersabda tempat antara mimbarku dan rumahku adalah salah satu taman dari taman-taman surga dan mimbarku berada diatas telagaku."

Mimbar yang ada di Ar-Raudah sekarang adalah mimbar yang dibuat dimasa Sultan Muraad Al-Usmani pada tahun 1600 M. Namun letak mimbar ini tepat ditempat mimbar Rasulullah. Mihrab Nabawi, adalah tempat Rasulullah berdiri menjadi mam shalat berjamaan. Ketika membangun masjid, Rasulullah tidak membuat mihrab, hanya beliau selalu berdiri di tempat yang sama yaitu ± 6 meter disebelah timur mimbar. pada tahun90 H (712 M) Khalifah Umar bin Abdul 'Aziz memerintahkan membangun bentuk setengahlingkarang ditempat tersebut. Mihrab nabawi masuk dalam raudayh.

Tidak ada komentar: